Cara membuat NPWP Pribadi Belum Bekerja Untuk Daftar Pekerjaan

Seputar Pajak - Cara membuat NPWP Pribadi Belum Bekerja Untuk Daftar Pekerjaan, Telah banyak pendaftar NPWP mempertanyakan tentang cara membuat NPWP dan bagaimana prosedur pembuatan NPWP. berikut saya kumpulkan pertanyaan tentang NPWP. Pertama apakah bagi orang yang belum bekerja dapat membuat NPWP.? Kedua Adakah aturan yang memperbolehkan dalam pembuatan NPWP bagi yang belum bekerja.? Ketiga mengapa mahasiswa dan Orang pribadi lainnya yang belum bekerja dipersulit dalam pengurusan NPWP.?

Mari kita jawab satu persatu pertanyaan ini. yang dapat membuat anda mengerti bahwa mendaftar NPWP itu Mudah kok. Pertama apakah orang pribadi yang belum bekerja dapat membuat NPWP.? jawabannya boleh saja. Mengapa karena dalam pembuatan NPWP perlu beberapa Berkas persyaratan yang perlu di penuhi Silahkan Baca Syarat Pendaftaran NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi (OP). bila syarat tersebut terpenuhi anda dapat mengajukan permohonan Pembuatan NPWP. caranya Silahkan Lihat Di Tutorial Cara Cepat Membuat NPWP Secara Online.
CARA MEMBUAT NPWP PRIBADI BAGI ORANG BELUM BEKERJA

 Cara membuat NPWP Pribadi Belum Bekerja Untuk Daftar Pekerjaan

Lanjut dengan pertanyaan kedua Apakah ada aturan yang memperbolehkan dalam pembuatan NPWP bagi orang belum bekerja. untuk menjawab ini anda perlu memahami dulu Aturan  Persyaratan dan Berkas yang diperlukan Saat Pendaftaran NPWP. kita bahas dulu bagi yang bekerja baik sebagai karyawan diperusahaan atau pegawai disuatu instansi, dapat mengeluarkan surat keterangan kerja, dan inilah salah satu persyaratan dalam pembuatan NPWP. nah bagi yang belum bekerja boleh mendaftar NPWP dengan syarat mintala surat keterangan kerja dibuat oleh kantor pemerintah tempat anda tinggal seperti Camat Lurah atau desa, lampirkan surat keterangan tersebut sesuai dengan pekerjaan anda yang anda kerja di saat ini. Jangan di isi belum bekerja. Isilah yang paling sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Misalkan untuk pekerjaan bisa di isi pegawai swasta, wiraswasta, freelance, dan lainnya.

Sudah banyak wacana yang beredar di masyaratakat tentang aturan yang berlaku di kantor pajak dengan apa yang terjadi di masyarakat. Banyak perusahaan yang mewajibkan calon pendaftar di perusahaannya sudah memiliki NPWP. Padahal kantor pajak memiliki aturan sendiri tentang boleh tidaknya seseorang memiliki NPWP. Sehingga yang terjadi adalah kebingungan masyarakat.

Perlu anda pelajari tentang PTKP Penghasilan Tidak Kena Pajak Dalam perhitungan pajak atas penghasilan (gaji) tidak semuanya dikenakan pajak, Ada sejumlah penghasilan yang tidak diperhitungkan pajaknya itulah disebut PTKP. Untuk saat ini PTKP dalam setahun, untuk pria atau wanita lajang tanpa ada tanggungan yaitu Rp 54.000.000 selama setahun, atau Rp 4.500.000 perbulan. artinya jika penghasilan dibawah Rp 4.500.000 perbulan maka tidak ada pajak yang dipotong atas Penghasilan (gaji) milik anda.

Jika penghasilan Anda masih dibawah PTKP maka Anda belum wajib memiliki NPWP. Jika orang yang bekerja dengan gaji di bawah Rp 4.500.000 perbulan saja tidak wajib memiliki NPWP, bagaimana untuk Anda yang tidak bekerja? anda dapat memilihnya sendiri.

Bagi Anda orang pribadi yang mau melamar kerja dan butuh NPWP, ada baiknya anda datang dikantor pelayanan pajak untuk konsultasi dan mempertanyakan dengan jelas apakah anda bisa mendaftar NPWP. namun untuk mendaftar NPWP pegawai pajak biasanya tidak mempersulit anda. apalagi anda sangat membutuhkannya. jadi anda persiapkan langsung berkas anda.

Cara membuat NPWP Pribadi Belum Bekerja Untuk Daftar Pekerjaan berlaku untuk mahasiswa karena biasanya mahasiswa membutuhkannya dalam melamar pekerjaan atau proyek yang sedang dia kembangkan. jadi bila terkendala silahkan hubungi Kring pajak. Atau berkomentar dibawah. kami akan memecahkan masalah anda.

84 Responses to "Cara membuat NPWP Pribadi Belum Bekerja Untuk Daftar Pekerjaan"

  1. Saya mau daftar di salah satu perusahaan dan mensyaratkan adanya npwp,akan tetapi saya belum bekerja. Lalu bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Ambil Surat keterangan Di tempat desa anda tinggal.

      Delete
    2. Berupa surat pengantar gtu ya .apa sudah cukup kah dari Rt/Rw saja .apa harus ada juga dr kantor kelurahannya .mohon info nya .trimakasih

      Delete
    3. Mohon info nya ..
      Balasannya kirim ke alamat email sya aja .
      jhoenainggolan93@gmail.com
      thx

      Delete
    4. Diketahui Oleh Kepada Pak Desa/Pak Lurahnya

      Delete
    5. persyarataan bikin npwp ape om

      Delete
  2. bagaimana jika ingin mendapatkan npwp sedangkan belum bekerja dan tidak lagi berstatus mahasiswa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, Untuk Orang yang belum bekerja tidak di wajibkan membuat NPWP. namun Terkadang para penerima Pekerja Menuntut anda membuat NPWP. Solusinya Yaitu, Silahkan buat Surat Keterangan Kerja Di Desa/kelurahan anda. sesuai dengan yang anda kerjakan saat ini. dan silahkan lampirkan untuk pembuatan NPWP ANda.. karena syarat pembuatan NPWP adalah harus mempunyai surat keterangan kerja. Makasih. semoga Membantu..

      Delete
    2. Surat keterangan kerja dr Rt/Rw setempat bisa gak ?

      Delete
    3. Kalau dri surat keterangan rt aja bisa gak??

      Delete
  3. saya belum bekerja dan mau membuat npwp untuk melamar kerja. sudah ke KPP tapi ditolak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak/Mas. Untuk Mendapatkan NPWP Persyaratannya Harus Dipenuhi Yaitu Ft KTP dan Surat Keterangan Kerja. Bila Belum Bekerja, Anda Dapat Membuat Surat keterangan Kerja Saat ini yang anda kerjakan di rumah, dan di ketahui oleh Kepala Desa Atau Lurah anda.
      Dan Jika Masih Belum Di Terima, itu Dari KPP daerah anda, Pengalaman Saya bisa kok dengan cara tersebut.

      Delete
    2. Kalau surat keterangan kerja hanya dari RT/RW bisa Pak langsung dtg ke KPP?

      Delete
  4. Pak/bu ..kalau tempat buat NPWP di kepulauan seribu di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuatan NPWP Bisa Online Kok Pak. Tutorialnya saya sudah tulis disini. bahakan videonyapun saya sudah buat. silahkan lihat tutorial berikut https://infoseputarperpajakan.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-npwp-secara-online.html

      Delete
  5. Permisi pak/bu. Saya lolos seleksi penerima pekerjaan di sebuah perusahaan. Tetapi sebelum saya bekerja di wajibkan mempunyai NPWP. Apakah bisa dengan surat tanda lolos seleksi untuk membuat NPWP?. Trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cara itu sih saya belum tau pak. Tapi bapak dapat mempunyai NPWP dengan memberikan surat keterangan kerja seperti penjelasan di atas pak.

      Delete
    2. Maaf pak.kalau udah punya ktp tetep pakai surat pengantar desa

      Delete
    3. Maafpak.kalau udah punya ktp tetep paki surat pengantar dari dari desa

      Delete
  6. Untuk bergabung dengan komunitas pajak silahkan kunjungi tax.blog.gunadarma.ac.id terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Kalau ngurus secara online berapa hari paling lama selesai . Mohon info pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya 2-3 Hari Pak.. Menurut saya, Tapi Beda-beda KPP Tempat bapak mau daftar, biasanya cepat biasa lama, Tapi kalau mau cepat, langsung datang di KPP, daftar Langsung dapat NPWP Nya..

      Delete
  8. saya sudah mempunyai npwp tp saya belom bekerja gmn caranya untuk lapor tahunannya ...mohon info pak/ibu makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapor Nihil Saja Pak. Formatnya Sudah KAmi sediakan Di Daftar Isi Seputar pajak.
      Terima KAsih..

      Delete
  9. Min mau tanya, klo pembuatan npwp biasanya brpa lama ya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Langsung datang Di KPP, Pada Hari itu Pun Anda Sudah Mendapatkan NPWP. Mungkin Lama Di antrian SAja Mbak, Kalau Proses Pembuatan Hanya Membutuhkan kisaran Waktu 10 Menit. Untuk isi data dan print kartu.

      Terim kasih

      Delete
  10. Kalo surat keterangan pernah bekerja di suatu perusahaan(surat keterangan masa kerja) bisa ga' Pak?
    Saya sudah resign dari perusahaan tersebut. Dan perusahaan yang akan saya ajukan lamaran mengharuskan pegawainya memiliki NPWP.

    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Belum Mencoba Mendapatkan Hal Seperti ini, Namun Bila Bapak Mengajukan Surat Keterangan Kerja yg pastinya di terima, tanpa pegawainya bertanya sedikit pun. Yang terpenting Itu pak, Syaratnya di penuhi Seperti KTP, dan Surat Keterangan Kerja.

      Delete
  11. Malam min...kalau pekerjaan sebagai ojek online apa harus lampirkan keterangan kerja dri perusahaannya juga?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Maaf pak/bu. Saya mau tanya. Klo saya sudah tdk berdagang lg, apakah bisa npwp nya saya pergunakan untuk melamar pekerjaan.

    ReplyDelete
  13. Tanya dong, saya sudah pernah kerja 3 bulan dan akhirnya resign (gaji melebihi PTKP) tapi tidak dibuatkan SK dari kantor untuk buat NPWP itu gimana ya ? Apa dibiarkan saja, atau nanti perusahaan yang nanggung

    ReplyDelete
  14. Maaf saya mau tanya saya mau cari kerja dan melamar di pns tp syrat harus ada npwp jadi gimana dong pak ..... Pdhal saya baru calon pelamran ikut seleksi tes kerja tp dikebijakan tmpt saya kerja minimsl ada npwp ...... Saya sdh pernah mau buat npwp tapi ditolak dengan alsaan belum kerja dan belum punya penghasilan jd gimana ini pak ini pihak pns loh yg minta sebagai syrat ikut tes jadi pns non kontrak

    ReplyDelete
  15. maaf saya mau tanya saya sudah 2 tahun kerja gaji di bawah ptkp tapi baru ingin membuat npwp itu gimana ya? apakah saat mendaftar nanti di kenakan biaya pajak selama 2 tahun?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Untuk surat keterangan kerja dari kantor desa/kelurahan, pekerjaannya diisi apa ya pak? Posisinya sy belum mempunyai pekerjaan. Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Untuk surat keterangan kerja dari kantor desa/kelurahan, pekerjaannya diisi apa ya pak? Posisinya sy belum mempunyai pekerjaan. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Pak kan saya baru dapat pekerjaan,namun sebelum dapat pekerjaan saya sudah membuat NPWP. Dan perusahaan saya menyuruh untuk membuat NPWP apakah NPWP saya masih berlaku untuk membuat ATM?

    ReplyDelete
  19. pak mohon bantuannya untuk contoh surat pangantar/peryataan dari desa karna saya sudah ke kantor desa katanya gak punya pormatnya.
    saya baru lulus smk dan mau buat untuk melengkapi lamaran pekerjaan saya

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum wr.wb
    Saya mau tanya pak. Apabila KTP blom jadi boleh pakai resi ?
    Dan saya sebagai driver grab bike bsa bikin surat keterangan kerjanya di RT ?

    ReplyDelete
  21. Sya berpenghasilan blm ad 4500 krna utk mengurus pengaajuan kredit diwajibkan memiliki npwp, gmn solusinya

    ReplyDelete
  22. thanks for sharing, gw sharing juga ya mengenai fundamental mengenai npwp baca ini >> https://www.finansialku.com/apa-itu-npwp-pribadi/

    ReplyDelete
  23. Pak saya mau bikin NPWP katanya harus punya pekerjaan, nah NPWP ini salah satunya itu persyaratan buat masuk kerja,Trs gimana solusinya? Kenapa di bikin ribet sih

    ReplyDelete
  24. Ya alloh kenapa di persulit...
    Di perusahaan di suruh bikin npwp itu salah satu syaratnya,Terus saya di suruh pulang. Rasanya hati saya sakit, 1 jam perjalan menuju purwokerto jauh dri tempat tinggal ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar online kan bisa kak, tinggal pilih KPP Domisili kk aja. nanti kartu npwpnya dikirim kerumah atau dijemput kekantor biar lebih cepat. biar kk gak capek jauh-jauh datang kepurwekerto

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalamualaikum.wr.wb
      Jika ingin membuat permohonan wajib pajak pribadi,dngan status sudah bekerja tapi tidak membutuhkan npwp.sdangkan saya ingin membuat npwp untuk persyaratan lamaran kerja yg lainnya dan buka rekening bank dki gimana caranya ya pak .tolong saran dan bantuannya .
      Trims...

      Delete
  26. Mau tanya?
    Berapa batasan umur minimal ?
    Kenapa saya ke KPP kok gak bisa diproses karena blum umur 18 tahun?

    ReplyDelete
  27. Mau tanya?
    Berapa batasan umur minimal ?
    Kenapa saya ke KPP kok gak bisa diproses karena blum umur 18 tahun?

    ReplyDelete
  28. Maaf, saat ini kan KTP lama prosesnya
    Kalau pakai resi/KTP sementara bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ktp blom ada saran saya minta dibuatkan surat keterangan dari Disdukcapil domisili kk aja. surat keterangan pengganti e-ktp

      Delete
  29. Mau nanya pak/bu saya mau bikin npwp agustus 2017 ko saya harus membayar dari januari sampai juli kalo udah di bayar baru di bikin kenapa..??

    ReplyDelete
  30. Mau nanya pak/bu saya mau bikin npwp agustus 2017 ko saya harus membayar dari januari sampai juli kalo udah di bayar baru di bikin kenapa..??

    ReplyDelete
  31. mau tanya , saya mau bikin NPWP karna dibutuhkan perusahaan untuk training . Tapi kok gak bisa karna belum punya penghasilan . Lalu gimana nasib saya , saya sudah melamar 20 PT dan hanya itu yg diterima dan harus membuat NPWP , saya udah bela belain pulang kampung kok ttep gak bisa ya . Sedih ajaa

    ReplyDelete
  32. Ribete mau bayar pajek aja dipersulit. Gak bayar pisan kapok

    ReplyDelete
  33. Saya mau blokir npwp sya karna sya bangkrut gmna caranya

    ReplyDelete
  34. sayaBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap permohonan dengan nomor transaksi 170103645596, pendaftaran NPWP tidak dapat dikabulkan karena alasan berikut:

    Formulir yang saudara isi di bagian sumber penghasilan adalah pegawai swasta tetapi di KTP wiraswasta. Silahkan melampirkan surat keterangan kerja.
    maksudnya ini apa?? point berapa yang cocok untuk wiraswasta di pendaftaran NPWP online?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  35. Kalau sudah punya NPWP usaha, Alan tetapi usahanya berhenti apakah masih tetap bayar pajaknya? Dan apakah NPWP usaha Yang tadi Bisa dijadikan NPWP untuk pegawai.

    ReplyDelete
  36. Sya sudah memiliki NPWP dengan mnggunakan Surat Keterangan Usaha online, seiring berjalanx waktu sekitar 1-2 bulan terbitx NPWP usaha online yg tadinya berhenti, apakah harus melapor ke kantor pajak karna jangan sampai tetap bayar pajak sedangkan usaha sudah tidak berjalan, dan apakah NPWP usaha tadi bisa diubah atau buat lagi NPWP baru untuk digunakan sebagai NPWP pribadi (pegawai)...
    Terimah kasih

    ReplyDelete
  37. Maaf saya mau tanya, kalo pkai surat keterangan karyawan tetap gtu bisa gak ya pak/bu. Makasih

    ReplyDelete
  38. Kalo KTP luar daerah ada persyaratan khusus ga ya ? terimakasih

    ReplyDelete
  39. Maaf saya mau bertanya. Saya lulus tahun ini, saya belum bekerja. Saya ingin membuat npwp untuk melamar pekerjaan, karena perusahaan mewajibkan memiliki npwp dulu. Saya sudah ke desa meminta surat pengantar untuk membuat npwp tapi kata petugas desa "tidak perlu pakai surat pengantar, walaupun belum bekerja bisa membuat npwp jika untuk melamar kerja". Jadi saya langsung mengunjungi kantor pajak. Tapi ternyata saya tetap tidak bisa membuat npwp, jelas disitu tertulis persyaratannya harus ada surat keterangan kerja. Mereka tidak perduli alasan apapun, mereka hanya meminta surat keterangan pekerjaan dari perusahaan. Sedangkan saya belum bekerja. Kira kira bagaimana ya pak solusinya?

    ReplyDelete
  40. cara melampirkan FC KTP dan Surat Keterangan Kerja dalam pembuatan NPWP secara online bagaimana??

    ReplyDelete
  41. Gan kalo KTPnya luar daerah bisa gak buat NPWPnya?

    ReplyDelete
  42. Kalau gak pake SKK bisa gak pak? Soalnya saya belum kerja

    ReplyDelete
  43. Pak dulu saya bikin NPWP tapi belum bekerja apa harus laporan SPT?
    Dan Dua tahun ini sudah bekerja tapi tidak laporan SPT?

    ReplyDelete
  44. Selamat malam.. aku udah punya npwp tapi aku belom kerja-_- kira2 kna bayar pajak berapa yaa klo disuruh bayar?

    ReplyDelete
  45. Selamat malam.. aku udah punya npwp tapi aku belom kerja-_- kira2 kna bayar pajak berapa yaa klo disuruh bayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permisi pak/ibu,,saya lolos seleksi penerima pekerjaan disebuah perusahaan. Tetapi sebelum saya bekerja perusahaan diwajibkan memiliki syarat NPWP..terus gimana solusinya pak/ibu??? Tolong

      Delete
  46. Sebenarnya untuk melakukan cek npwp online bisa dilakukan dengan mudah yaitu melalui karena kalau untuk ke kantor perpajakan pasti membutuhkan waktu dan belom lagi macet.

    ReplyDelete
  47. Mas saya mau bikin lewat online bermasalah terus.. Tolong sarannya.

    ReplyDelete
  48. Permisi saya mau tanya, saya sudah buat npwp online dan kartunya sudah jadi, yang saya tanyakan bagaimana pelaporan spt tahunan jika pemilik npwp belum bekerja? Apakah wajib lapor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak maaf saya mau tanya ,wktu itu saat buat npwp online nya posisi nya dlm keadaan blm bekerja/sdh bekerja ?
      Klo blm bekerja, bagaimana mengisi npwp online nya agar permohonan nya diterima? Syarat yg dilampirkan apa saja mba ? Terimakasih

      Delete
  49. Kelurahannya harus sesuai domisili KTP ya?

    ReplyDelete
  50. Syarat" nya harus membawa apa aja ya

    ReplyDelete
  51. Saya mau tanya kalo sudah membiat npwp online tetapi tidak ada nomor npwpnya dan belum ada konfirmasinya apakah bisa membuat npwp offline lagi?

    ReplyDelete
  52. Saya mau tanya mas,saya sudah datang ke kpp tapi umur saya masih 17 tahun ,ko belum boleh bikin ya padahal saya sudah ada ktp.
    Terimksh

    ReplyDelete
  53. Saya udah bikin npwp padahal saya beluman kerja .setiap 31 maret katanya harus dateng untuk isi surat pemberitahuan..toling donk kasihh saran nyaa

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum ..
    mau tanya, saya seorang istri dan saya ingin membuat Npwp untuk memenuhi syarat pembuatan visa.. tapi saya tidak ingin jika Perbulannya harus kena bayar, gimana ya solusinya ??

    ReplyDelete
  55. Cara Termudah Membuat Npwp Bagi Yang Belum Bekerja bisa cek lansung...

    ReplyDelete
  56. Mau tanya, apakah boleh membuat NPWP tapi umur saya masih 17 tahun , tapi pt yang saya tempat i harus punya NPWP

    ReplyDelete
  57. Kak mau bertanya kalo saya ditangerang mau buat npwp untuk melamar pekerjaan tetapi ktp dan kk saya ikut jawatengah tetapi saya membuat di tangerang itu solusinya bagaimana kak. Mohon dijawab terimaksih����

    ReplyDelete
  58. Min saya mau nanya, saya kan baru lulus Sma. buat npwp hrs ada surat keterangan kerja ya, rt/rw nya sesuai sama ktp saya atau tempat tinggal saya yg sekarang ya min? Mohon dijawab min:)

    ReplyDelete